An Ant

#An-Naml

wah alhamdulillah pagi-pagi Fotography Amateur udah liat semut yang udah sibuk kerja atau itu lagi senam pagi ya hehehe :D karena difotonya foto semut kali ini kita bakal belajar sedikit mengenai semut nih. let's cekidot.........


semut adalah salah satu hewan yang terdapat dalam Al-Qur'an, tepatnya pada surat An-Naml. Dalam surat ini pada ayat ke-18

 “Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”. (QS. An Naml: 17-18)

surat ini berisikan tentang seekor semut yang mengintruksikan kepada semut yang lain (ketika rombongan nabi sulaiman a.s. lewat ) agar tak terinjak. karena nabi sulaiman a.s. mempunyai mukjijat dapat mengerti bahasa hewa, maka beliau pun tersenyum lalu memanjatkan do'a karena terkesan pada kesolidan dan ukhuwat semut yang begitu erat. karena begitu uniknya semut hingga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Qur'an.

Ali bin abi thalib pernah berkata”lihatlah semut yang kecil tubuhmya dan lembut gerakannya.yang hampir tidak bisa ditangkap oleh pandangan mata dan tidak bias dinalar oleh pikiran.lihatlah bagaimanaia berjalan di atas bumi untuk mencari rezeki-Nya.memindahkan biji kedalam sarang dan menyiapkannya di tempat tinggalnya.mengumpulkan bekal di musim panas untuk keperluan musim dinginnya.terjamin rezekinya,dianugerahi rezeki dengan pengangkutannya,tidak diabaikan oleh sang pemberi anugerah,dan tidak dihalangi oleh dzat yang memahami kebutuhan.jika anda memikirkan dan merenungkan saluran-saluran makannya,anggota badan bagian atas maupun bawah,bagian dalam perutnya,mata dantelinga yang berada di kepalanya.sungguh anda akan mendapatikeajaiban dari penciptaan-Nya.anda akan kelelahan menyebutkan sifat-sifatnya.maha suci allahSWT yang menegakkan semut siatas kaki-kakinya.tidak seorangpun yang menyekutuinya di dalam penciptaan semutdan tidak seorangpun membantunya.”


keterangan tambahan
#byfotographyamateur
#jepretpakesamsungJ1ace#ISOauto






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »